Jul 15, 2007

Indinapolis Dicoret dari Kalender F1

Amerika Serikat tak lagi menggelar F1 musim depan. Sirkuit Indianapolis Speedway dicoret dari kalender balapan jet darat setelah tak mencapai kesepakatan dengan Bernie Ecclestone.

"Setelah beberapa pembicaraan, Bernie Ecclestone dan saya tak mencapai kata sepakat untuk tetap menggelar Formula 1 di Indianapolis untuk jangka pendek," ungkap Presiden Sirkuit Indianapolis Motor Speedway, Tony George, di Crash, Jumat (13/7/2007).

Keputusan tersebut membuat Amerika Serikat tak lagi memiki sirkuit untuk menggelar F1 musim depan. Apalagi Ecclestone sebelumnya sempat menyatakan kalau F1 di Amerika Serikat sebagai "tidak vital" dan kurang laku, ia malah menyebut Malta punya fans F1 lebih banyak dibanding Negara George W Bush itu.

"Kami tidak mencapai kesepakatan. Ada pasar lain yang lebih besar buat kami di bagian dunia lain," sahut supremo F1 itu.

Tak ada sirkuit lain yang disebut Ecclestone untuk mengisi kekosongan yang ditinggalkan Indianapolis. Tapi itu bisa dipahami karena untuk tahun 2008 sudah ada dua sirkuit baru yang masuk agenda yakni di Singapura dan Vaencia.

Masa depan sirkuit yang untuk menggelar F1 memiliki panjang 4,192 km itu mulai terancam sejak insiden tahun 2005. Saat itu balapan hanya diikuti enam mobil setelah seluruh tim yang menggunakan ban Michelin mengundurkan diri karena alasan keamanan.

Indianapolis mulai menggelar F1 tahun 2000 dengan Michael Schumacher tercatat sebagai pembalap tersukses setelah menjadi juara hingga lima kali. Tapi Indianapolis tak akan terlalu sedih ditinggal F1, soalnya mereka hampir dipastikan akan menjadi tuan rumah MotoGP mulai tahun 2008.

No comments: